Minggu, 18 Januari 2015

Daging Makanan Khas Korea

Anyeonghaseyo, chingudeul :D kali ini aku mau nge share tentang makan makanan khas dari negara ginseng korea.
Semoga bermanfaat ^^ 


1. BULGOGI (불고기)
Bulgogi (bahasa Korea: api, dan 고기 daging) adalah makanan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersamak kimchi , bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.


2. GALBI (갈비)
 

Galbi atau Galbi-gui adalah makanan Korea berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek. Dalam bahasa Korea, galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.


Ketika dipanggang, daging iga biasanya diiris sepanjang tulangnya. Hal ini supaya saus tadi bisa meresap ke dalam daging dengan lebih cepat, daging bisa matang lebih cepat, dan daging bisa lebih mudah dikonsumsi dengan sumpit setelah matang. Di Korea dan beberapa negara lainnya, daging iga untuk galbi yang sudah diiris telah tersedia dipasar swalayan dan toko daging.

Kalbi biasanya disajikan di rumah makan yang dikenal dengan nama galbijip (rumah galbi). Pengunjung memanggang sendiri daging galbi di atas pemanggang yang ada di masing-masing meja. Daging ini kemudian dibungkus dengan daun selada, daun perrila, atau daun sayur-sayuran lainnya. Sebelum dimakan, daging yang sudah dibungkus daun dicelupkan lebih dulu di dalam ssamjang, yakni saus yang terbuat dari campuran pasta kacang kedelai dan cabai merah.


3. DAKGALBI (닭갈비)

Dak galbi adalah hidangan Korea populer umumnya dibuat oleh aduk-menggoreng diasinkan ayam potong dadu di sebuah gochujang (pasta cabai) saus berbasis, dan irisan kol, ubi jalar, daun bawang, bawang, daun perilla, dan Tteok (kue beras) bersama-sama di piring panas. Dakgalbi ini adalah makanan khas daerah untuk kota Chuncheon, Gangwon Provinsi, di mana berasal dak galbi. Karena asal-usulnya, hidangan ini juga disebut Chunchon dak galbi.


4. SAMGYEOPSAL (삼겹살)


Samgyeopsal tiga lapis daging, "tiga (sam; 삼) lapis (gyeop; 겹) daging (sal;살)," karena daging bagian perut babi terlihat seperti berlapis tiga. Ada pula daging berlapis lima yang disebut ogyeopsal (오겹살).
Samgyeopsal (삼겹살) adalah masakan korea berupa panggang daging perut babi yang berlemak dan tebal. Daging biasanya tidak dibumbui, dan dipanggang sendiri di atas pemanggang yang ada di meja rumah makan. Setelah matang, daging dimakan setelah dicelup ke dalam saus pedas.
 5. HOE (회)
Hoe adalah istilah umum untuk berbagai makanan korea berupa potongan terbaik ikan segar atau daging yang tidak dimasak. Saengseon hoe (생선회) adalah irisan tipis daging ikan segar atau makanan laut lainnya (serupa dengan sashmi). Yukhoe (육회) adalah daging sapi mentah yang diberi bumbu kecap asin, gochujang, minyak wijen, dan arak beras. Gan hoe (간회) adalah hati sapi mentah yang dibumbui minyak wijen dan garam. Hongeohoe (홍어회) adalah irisan daging ikan pari yang sebelumnya disimpan di dalam guci hingga terfermentasi.

Saus cocol untuk saengseon hoe disebut chogochujang (초고추장) yang dibuat dari gochujang dan cuka. Sebelum dimakan, hoe bisa diberi wasabi atau dicocol ke saus chogochujang atau ssamjang (쌈장), dan dibungkus dengan daun perrila atau daun selada. Sewaktu dihidangkan, hoe diletakkan di atas piring berisi dangmyeon agar terlihat menarik.
Di rumah makan, ketika selesai menyantap saengseon hoe, orang sering memesan maentang(sup ikan yang dibuat dari kepala ikan dan bagian ikan yang tidak bisa dijadikan hoe) .

6. SANNAKJI (산낙지)

Sannakji atau sannakji hoe merupakan makanan asal Koera yang terbuat dari gurita yang masih hidup yang dibumbui dengan wijen dan minyak wijen. Ada beberapa restoran yang menyajikan Sannakji hanya dengan meletakkannya di piring dengan sisa-sisa air garam dan melengkapinya dengan saus terpisah. Ada pula yang menyajikannya di atas sayuran rebus di dalam panci.

 7. MAKCHANG GUI (막창구이)

Jeroan babi panggang yang disajikan seperti samgyeopsal dan galbi. Makanan jenis ini khas Daegu dan propinsi Gyeongsang.


8. GOBCHANG GUI (곱창구이)

Sama dengan makchang, namun dengan jeroan babi atau sapi muda.

Sumber : http://id.wikipedia.org

1 komentar: